Pengumpulan Tugas Pemrograman Perangkat Bergerak G - Pertemuan 4

Link github: https://github.com/RayyanFv/ppb-4-diceroller

Dokumentasi Aplikasi "Dice Roller"

Deskripsi Aplikasi
Aplikasi "Dice Roller" adalah aplikasi Android sederhana yang dibuat menggunakan Jetpack Compose. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melempar dadu secara virtual dengan menekan tombol "Roll", yang akan menampilkan angka acak antara 1 hingga 6 dan gambar yang sesuai dengan angka tersebut.

Komponen Teknis
Teknologi yang Digunakan

  • Bahasa Pemrograman: Kotlin
  • Framework UI: Jetpack Compose
  • Material Design: Material 3
  • Minimum SDK: 24 (Android 7.0 Nougat)
  • Target SDK: 34 (Android 14)

Struktur Kode

  • MainActivity.kt
    Kelas utama yang menginisialisasi aplikasi dan menampilkan komponen UI.

    • Mengatur tema aplikasi menggunakan DiceRollerTheme.
    • Menampilkan tombol untuk melempar dadu dan gambar dadu yang sesuai.

Fitur Aplikasi

  • Tampilan Dadu: Menampilkan gambar dadu yang berubah sesuai dengan angka yang dihasilkan saat tombol "Roll" ditekan.
  • Tombol Roll: Tombol yang dapat ditekan untuk menghasilkan angka acak antara 1 hingga 6.
  • Desain Sederhana dan Interaktif: Menggunakan Jetpack Compose untuk membuat UI yang responsif dan mudah digunakan.

Implementasi Komponen UI

  1. Card
    Komponen Card digunakan untuk membuat container utama dadu dengan:

    • Sudut melengkung 16dp
    • Elevasi 8dp untuk efek bayangan
    • Warna latar belakang putih
    • Padding 16dp untuk konten di dalamnya
  2. Image
    Menampilkan gambar dadu yang sesuai dengan angka yang dipilih. Gambar diambil dari resource drawable.

  3. Text
    Dua komponen Text digunakan:

    • Teks angka: Ukuran font 24sp, tebal, dan teks tengah.
    • Teks deskripsi: Menampilkan deskripsi untuk angka yang dipilih oleh dadu.

Preview








Comments